Welcome :)

dinifahma.blogspot.com

Minggu, 27 April 2014

Organica FCR

Senin, 21 Jumadil Akhir 1435/ 21 April 2014
Karena saking capeknya –tugas numpuk, rasanya ingin cepet hengkang dari kelas sore ini. Hrrrr
Kelas harusnya mulai jam 15.15 WIB. Tapi Dosen belum juga hadir pada pukul 15.30. Maka kuputuskan pulang agar bisa rehat dan tenang mengerjakan tugas malam ini.


Sampai di kos –markir motor, ada sms masuk: “Mbak, Pak Edot datang..” dan ada 3 sms serupa. “Ya Robbi.. rasanya pengen di kos. Sudah lelah harus bolak-balik. Kondisi juga sangat cape.. Pengen bolos sekali ini”

Belum sempet leyeh-leyeh, ngobrol bentar sama mbak kos. “Mbak, sebenernya ini aku ada kelas. Dosennya telat, terus pas aku udah balik ada sms -dosennya dateng”
“Ya balik ke kampus aja dek.. Eman lhoo kalau nggak dateng.”
“Iya sih mbaak, tapi cape’ banget. Lagian aku pasti udah telat masuk”
“Ya ndak papa dek, coba dulu aja” Karena mikir ‘eman’, akhirnya aku balik ke kampus dengan sisa-sisa tenaga. ~_~
Masuk kelas materi belum dimulai. 
Materi sore kali ini ternyata bukan dari Pak Edot. 
Pak Edot meminta alumni TL untuk mengisi tentang pengalaman kerjanya. Lebih tepatnya, si alumni menceritakan sistem pengolahan limbah yang kini beliau geluti. 

entah, karena aku dateng terlambat -jadi kurang faham basic beliau bekerja dimana. Beliau menjelaskan tentang sistem "Organica Food Chain Reactor (FCR)". Pengolahan limbah yang dipelopori perusahaan asing yang kini sedang dikembangkan di Indonesia. (eh ini kalau nggak salah :P)

penjelasan beliau lebih bersifat promosi 'produk' awalnya..
Tapi setelah beberapa slide, sistem 'organica FCR' bikin takjub. Pengolahan limbah dengan bantuan media tumbuhan! 
Mungkin kita bakalan mikir sistem ini seperti sistem wetland. Tapi ternyata ini berbeda. Menggabungkan sistem trickling filter dengan media akar tanaman. Plus sistem anoxic dan aerobic yang sekarang lagi aku ambil di mata kuliah PBPAL. (wah ngejelasinnya gimana ya hhaha)
ini deh, monggo dibacaa..
Klik! Organica Food Chain Reactor (FCR)

Alhamdulillaaah nggak nyesel balik ke kampus. hehe.. pengetahuan baru yang sangat bermanfaat. 
Pelajaran penting disini: 
1. jangan ada niatan bolos kuliah guys.. haha.. 
Bisa jadi, materi kuliah yang diberikan -merupakan bekal buat kita ke depannya. Jangan nglewatin satu kuliah pun untuk bolos -karena males. 
2. Ilmu itu luas, harus terus digali. Mungkin suatu saat dapat menemukan inovasi dengan penggabungan beberapa sistem, sehingga bisa bermanfaat bagi lingkungan :))

Makin jatuh cinta dengan tanaman nih. Btw, minat banget kalau skripsi a.k.a Tugas Akhir pakai tumbuhan. Ternyata dapat bagian mikrobiologi -bakteri pada tumbuhan. Alhamdulilaah..

Sekian curhatan kali ini :D 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar