Welcome :)

dinifahma.blogspot.com

Rabu, 09 April 2014

Kajian Di Jami' Makkah Bendul Merisi

Baru sempet ngepos.

Beberapa waktu lalu (13 Jumadil Ula 1435 H/ 15 Maret 2014) ada kajian akhwat yang diadakan masjid Jami' Makkah Bendul Merisi, menghadirkan Ustadz Ahmad Zainudin, Lc dari Banjarmasin. Alhamdulillah... berkesempatan hadir dengan pembahasan Tema "Wanita-wanita Penghuni Neraka"

Dateng bersama Etik, Rara, dan Irma. -Kami berempat kata temen kampus disebut genk 'quarted kwek kwek', ada yang nyebut empat serangkai dan sebagainya.
Sebenernya, nggak ada niatan sama sekali bikin genk -.-" ada-ada saja. Mungkin karena semester lalu (semester 5) kami berempat hampir semua sekelas. Ya, karena janjian sih..
Tapi memang tidak ada niat sama sekali. (ini apa si, kok jadi OOT gini -..-)
alhamdulillah.. beberapa waktu lalu kami berempat barengan ke tempat kajian.

Oke, ini resume dari kajian di Masjid Jami' Mekah.. Semoga bermanfaat ^^
Inget, ini resume. Jadi hanya garis besarnya saja.


 ***

Beberapa ciri-ciri dan tokoh yang dinash dalam Al-Quran dan Hadits akan menjadi penghuni neraka. Berikut merupakan ciri-ciri wanita penghuni neraka, Naudzubillah min dzalik... 

1. Istri Nabi Nuh dan Nabi Luth
"Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)."  (QS. At-Tahrim:10)
Kedua istri merupakan istri dari orang sholih (Nabi Alloh), Nabi Nuh dan Nabi Luth. Namun keduanya dinash dalam Al-Quran sebagai wanita penghuni neraka. Apa penyebabnya?

-Istri Nabi Nuh adalah istri yang sering menimpali kata-kata "Nuh orang gila". Maka dapat diambil ibroh, istri/wanita penghuni neraka adalah yang tidak dapat menjaga lisannya, yang tidak dapat bertutur baik kepada suami
-adapun istri Nabi Luth melakukan perbuatan yang –tidak mendukung dakwah sang suami. Dia justru membiarkan kaum Homoseks mencerca Nabi Luth. Maka, diambil ibroh bahwa ciri/sifat wanita penghuni neraka adalah menghalangi suami dari berbuat kebaikan dan cenderung mengajak kemaksiatan
Naudzubillah min dzalik

2. Istri Abu Lahab
“Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar” (QS. Al-Lahab: 04)
Ayat ini merupakan ayat yang menceritakan Abu Lahab dan istrinya yang akan disiksa dalam neraka. Apa penyebab istri Abu Lahab dinash dalam Al-Quran sebagai penghuni neraka?
Hal ini karena disebabkan istri Abu Lahab memerintahkan suami dalam kekafiran. Dalam tafsir ibnu katsir juga disebutkan, istri Abu Lahab merupakan sebab utama kekafiran Abu Lahab. Karena saking cintanya Abu Lahab terhadap istrinya. Sehingga ia enggan pada keimanan. Wallohu’alam

3. Istri yang Kufur Terhadap Suami
Pernah diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata kebanyakan dari penghuninya adalah wanita yang suka berbuat kufur. Ditanyakan kepada beliau,”Apakah mereka berbuat kufur terhadap Allah? Beliau menjawab,”Mereka berbuat kufur terhadap keluarga  dan kufur terhadap kebaikan. Apabila engkau senantiasa berbuat baik kepada salah seorang diantara mereka lalu mendapatkan perlakuan buruk darimu, niscaya akan mengatakan,”Aku tidak pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu”(Hadits Muttafaq Alaih)

Sedangkan dari Asma binti Yazid radhiyallahu anha dia menceritakan:
“Rasulullah shalallahu alaihi wassalam pernah berjalan melalui kami sedang kami semuanya adalah wanita, lalu beliau mengucapkan salam kepada kami dan berkata:’Jauhilah oleh kalian kufur terhadap orang yang berbuat kebaikan’ Lalu kami bertanya “Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan kufur terhadap orang-orang yang berbuat kebaikan itu?” Maka beliau menjawab:”Mungkin salah seorang diantara kalian ada yang lama hidup menjanda bersama orangtuanya, lalu Allah Azza wa Jalla memberikannya seorang suami, darinya dia memberikan harta dan keturunan.Kemudian suatu saat dia marah dan mengatakan, “Aku tidak pernah melihat kebaikan sama sekali darinya meskipun hanya satu hari”(HR.Imam Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, hadits shahih)

Salah satu sifat wanita penghuni neraka adalah wanita yang sering melaknat/mencerca dan tidak berterima kasih kepada suami, serta wanita yang sering mengungkit kesalahan

4. Wanita Yang Berpakaian Namun Telanjang
da dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

5. Wanita yang Meratapi Kematiandengan Berlebihan –dan Belum Bertaubat
Wanita yang meratap, jika tidak bertaubat sebelum ia meninggal, kelak pada hari kiamat akan dibangkitkan dengan pakaian dari cairan tembaga dan mantel dari kudis” (HR Muslim no : 934).

6. Wanita yang Menyakiti Tetangga
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya si fulanah itu bangun malam dan puasa siang. Dia berbuat baik dan bersedekah, dan dia menyakiti tetangganya dengan lidahnya. Kemudian Rasulullah bersabda: “Tidak ada kebaikanpadanya. Dia penghuni neraka. (Abu Hurairah) berkata: “Sedangkan si fulanah itu hanya bershalat wajib dan bersedekah dengan sepiring (bubur merah) dan tidak pernah menyakiti seorang pun juga.” Maka Rasulullah r bersabda: “Dia itu termasuk ahli surga.”


Semoga kita sekalian terhindar dari sifat-sifat wanita neraka diatas. Aamiin..
***


Semoga berkesempatan menghadiri majelis ilmu lagi, dan lebih sering lagi.. Semoga dapat mengamalkan ilmu yang didapat. Aamiin..  
#Etik #Rara #Irma :)
 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar