Welcome :)

dinifahma.blogspot.com

Sabtu, 22 Februari 2014

Cerita di Yogyakarta Part III: GEOS 2013 Ujian Tulis dan Field Trip

*tulisan lama


Hari pertama Rangkaian Lomba! (16 November 2013) Aku dan Irma berjalan dari kos ke Fakultas Geografi UGM. Sekitar pukul 07.30 kami registrasi dan memasuki Auditorium Merapi –Aulanya Fakultas Geografi. Masih banyak kursi kosong.   

Berkenalan dengan beberapa mahasiswa dari beberapa daerah. Ada yang dari UNPAD –bernama Menur. Cantik. Seperti pernah mengenal ia sebelumnya.
Kemudian berkenalan dengan mahasiswa Lombok bernama Fitri.
Dan berkenalan dengan kakak cantik bernama Kak Mima dan Kak Lady. Ternyata Kak Mima adalah seniornya Irma di SMA. Sekarang beliau kuliah di UI jurusan Geografi.

Wah peserta disini rata-rata berasal dari jurusan Geografi, Geodesi, Geologi. Nah aku? Hha berasa nyasar ikut acara ini.

Opening Ceremony dimulai sekitar pukul 08.00-09.00. Kemudian kami digiring ke kelas untuk menyelesaikan ujian tulis.
100 Soal! Dan materi di dalamnya adalah materi Geografi. Ya Rabb.. ngrasa salah ikut acara.
Ternyata penilaian lomba ini bukan sekedar karya tulis aja. Melainkan terdiri dari 3 aspek; Paper (Karya tulis), Ujian tulis, dan ujian lapangan berupa field trip.
Pasrah. Hha

Ujian selesai jam 11.15, dilanjutkan ISHOMA.
Setelah ishoma kami bersiap untuk field trip di Pantai Glagah yang letaknya di Kecamatan Wates-Yogyakarta. Lokasinya sekitar 45 km dari UGM. Cukup jauh. Sekitar 2 jam perjalanan menggunakan bus.
pas di bus. Masih di dalam area kampus UGM
Di perjalanan aku kira bakalan bisa bobok cantik. Wkwk ternyata ada pengarahan dan penjelasan dari pemandu dan musti dicatat. -___- karna termasuk penilaian.

Aku sempat foto-foto waktu perjalanan sih.. Sisanya tepar. Tidur. Hha.. dan yang mencatat irma.
Sampai disana kami berhenti di dermaga sungai Glagah. Mana pantainya? - -
Ternyata kami harus jalan beberapa meter dulu sampai menemukan pesisir dengan aroma laut yang khas. Hmm..

Disini kami melakukan ujian lapangan berupa analisis fisik dan analisis sosial budaya sekitar pantai. *apa-apaan ini? Hha
Kemudian dilanjutkan test penggunaan alat; berupa theodolit JS, soil test kit, dan pengindraan. #geografi banget. Di jurusanku hanya mengenal 1 alat berupa theodolit untuk mengukur kontur tanah. Dan kami (aku dan Irma) sempat kebingungan penggunaan theodolit JS, karena cukup berbeda dengan theodolit yang pernah kami pakai.
Yasudahlah~

Done! Setelah analisis fisik, sosial budaya, dan tes penggunaan alat. Waktunya pulang~ Lelah sekali rasanya. Waktu sudah menunjukkan pukul 16.30.
Di sepanjang perjalanan kami selalu saja melihat bantaran sawah yang luas. Salah satu yang membuat takjub adalah papan pintu masuk yang bertuliskan “Kawasan Sawah Organik”
Kata Irma, “Wah pengen kesana, nanya-nanya. Kayak apa sistem sawah organiknya”
Di pikiranku, sawah tersebut pasti berasal dari pupuk organik dan perawatan obat yang organik. W.O.W hha *lebay

Perjalanan pulang sangat lama. Butuh wktu 2 jam lebih. Mungkin karna macet di jam pulang kantor. Kami sampai UGM pukul 18.30 WIB.
Hmm ~ balik ke kosnya Anggun dan Indi (tempat penampungan aku dan Irma hha)
foto ini diambil pas perjalanan pulang. Di Bus


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar