Welcome :)

dinifahma.blogspot.com

Minggu, 29 Agustus 2010

Dirikanlah Sholat...

Assalamu’alaikum…
*Izinkan lah… saya berbagi pengalaman… [whuzzz…. Hehe… sok formal ^^]
Mungkin kalo liat judulnya, terkesan Aku ahli agama banget ya? Hehe.. amin :)
Disini, Aku nggak niat menggurui, cz masih awam… Aku cuma mau crita-crita aja… mudah-mudahan bisa ambil hikmahnya en bermanfaat.. amin

Sholat…
Pasti pada tau dong… Sebagai muslim, udah nggak asing kan? Klo asing denger kata sholat, perlu dipertanyakan keislamannya… ^^v
Sholat merupakan rukun Islam kedua. Sholat juga merupakan tiang agama. Kalo sholatnya bagus, insyaAllah agamanya bagus, begitupun kalo sholatnya buruk, agamanya pun buruk. (makasih buat kakek sekaligus guru ngajiku yg pernah bilang gitu..) Beliau pernah bilang: “Sholat sebagai tiang agama, tidak hanya dijalankan. Tapi sholat harus didirikan… Namanya tiang kn harus berdiri, begitupun sholat..” (semoga ilmu yang pernah diberikan jadi amal jariyah bagi beliau… amin)

Lalu bagaimana mendirikan sholat?
Mendirikan sholat salah satunya dengan sholat tepat waktu. Kalau hanya sekedar ngejalanin, bukan hakikat sholat namanya. Misalnya aja, da anak yang pengen sholat dhuhur, tapi jam 12 dikhawatirkan dia lupa atau males, jadi pada waktu luang jam 10 dia udah sholat dhuhur. “Kan udah sholat..” Nah, itu yang namanya nggak dirikan sholat… klo gt cranya, sholat subuh jam 6, dhuhur jam 10, ashar jam 6 atau maghrib breng isyak… ckckck.. ‘pkOe sholat..kn udah menjalankan sholat…’ GUBRAKZ!
So, dirikanlah sholat, jangan hanya sekedar sholat… (kira-kira dulu gt yg disampaikan guru ngajiku di mushola.. hehe)

Aku punya cerita.. tentang mendirikan sholat. Kisah ini kira-kira 6 tahun lalu. Pas SD dlu.. Waktu Aku kemah, suatu pagi anak-anak takut kehilangan waktu subuh, cz kgiatannya padet.. Nah, karna cpet-cpet, dua temenku sholat tanpa pkir pnjang. Aku msih ngantuk, lagian masih banyak yang tidur…hehe. Setelah mereka selesai sholat, tiba-tiba terdengar adzan dari masjid.
Dua temenku itu langsung bengong. “Lhoh, tadi blum subuh dong….” Haha. Akhirnya, mereka ngulang sholat subuh lagi deh… diniatin yg td sholat sunnah… ckckck… (boleh tha diniatin gt..?)
“Tadi tu masih jam setengah empat… dasar kepathengen (kerajinan)!”
huehehe..untung aku nggak ikut-ikut. [maaf rek… yg aku buat bahan crita^^]

Fenomena yg terjdi emang gitu… Tapi yang sering, kita memolorkan waktu buat sholat, smpe’ kdang habis wktu sholat…(astaghfirullah..) Harusnya kita bisa tepat waktu… Ketika datang panggilan sholat/adzan..

Klo ini kisahku sendiri, kejadiannya brusan sie..
gini ceritanya, waktu itu Aku silaturahmi ke temenku (bahasa kerennya: dolan) xixi.. Karena keasyikan ngobrol, jd agak lupa wktu.. ternyata waktu sudah menunjukkan pukul setengah 6 (padahal ma ortu disuruh jgn pulang kesorean). Jadinya Aku terburu-buru pulangnya. Terus Aku mikir buat sholat maghrib dulu di masjid, takutnya sampe rumah waktu maghribnya habis.. Pas Aku masuk masjid, jama’ah masjid udah pada sholat sunnah. Terus Aku mikir, mereka pasti udah pada sholat rowatib.. Pada sholat maghrib, rowatibnya ada di akhir. aku sempet kecewa, cz nggak bisa jam’ah, padahal udah di masjid…
Karena Aku masih punya wudhu, aku langsung ambil mukena en memulai sholat. Sebelum takbir, ada hal yang masih mengganjal.. Owh malunya.. kacamata minus-ku belum Aku lepas. Mgkn sebagian orang melihatku aneh. ‘sholat kok pake’ kacamata…’
Aku lupa kalo masih bekacamata. Dengan cpat Aku taruh kacamataku dan hendak memulai sholat sendiri. Tiba-tiba terdengar iqomah. “HAaa??!” Aku agak bingung. “Lho, belum sholat maghrib tha?”
Dari rumah, Aku teringat, sholat sunnah yang dilakukan orang-orang itu bukan rowatib, melainkan sholat tahiyatul masjid.. Bodohnya aku.... Malu-maluin.. Aku udah takut ktinggalan sholat, eh.. ternyata belum iqomah… TUING…

Sholat yang nggak bisa molor kan maghrib ma subuh.. jadi g bisa nelat.. hee.. Kalo sholat yg lain, kadang masih lalai alias nggak tepat waktu.. [khilaf.. jgn ditiru.. hehe] Mudah-mudahan kebiasaan buruk yang kadang masih dilakukan itu, bisa cepet ilang setelah nulis en baca blog ini.. hehe..
Sholat, selain harus tepat waktu harus sesuai dengan Rukun dan Syarat sah Sholat. Jadi nggak asal-asalan. Keadaan saat sholat harus bersih dari hadas kecil maupun hadas besar.. (hehe.. kayak guru agama nie…) Pkoknya gt wez.. klo disebutin satu-satu Rukun dan Syarat sah sholat, mungkin nggak muat…

Ini ada crita nyata lagi dari temenku [hehe..uakeh critanE].. yang berhubungan tentang syarat sah sholat.. Kisahnya ketika Aku SMP, kira-kira 3 tahun yang lalu… kejadiannya pas sholat dhuha.. [di SMP ku dulu, ada jadwal wajib sholat dhuha..] Waktu itu, ada temenku yg telat datang pagi… dia lari ke masjid buat nyusul temen-temen yg udah duluan, Terus… aku tanya ke dia “Udah wudhu?” Dia yg lagi ngos-ngosan bilang: “Oh iya, Aku lupa nggak wudhu dirumah..”
“kalo gitu ndang (cepet) wudhu…”
“Ah, nggak wez… kesuwen (kelamaan)…” dia jawab gitu seraya meletakkan tangannya ke tembok “Tayamum aja… nanti bedakku hilang…”
TUENG!!
Haduh… haha… Aku ma temen-temen yang lain ketawa sambil geleng-geleng kepala.. Gara-gara takut bedaknya ilang, dia nggak mau wudhu.. ckck..
Yang namanya sholat, mau sholat wajib, sholat sunnah harus terhindar dari hadas besar dan hadas kecil.. (maaf temenz… yg kesindir.. hehe^^v)

Kalo hanya sekedar menjalankan sholat, bukan hakikat sholat sebenarnya. Sholat merupakan ibadah yang menghindarkan dari perbuatan keji dan mungkar.. [Bokap sering nasehatin gitu… hehe..].
Tidak heran, banyak orang yang hanya menjalankan sholat, tapi sering lalai dan masih melakukan perbuatan keji dan mungkar. Jika kita bisa mendirikan sholat, Insya Allah setiap kebaikan senantiasa tercurahkan… (amin)
Maka DIRIKANLAH SHOLAT, tidak hanya sekedar menjalankan dan menganggap sholat sebagai kewajiban berat. Namun, anggap sholat sebagai kebutuhan.. (baik sholat wajib maupun sholat sunnah)
Sebenernya masih banyak ceritaku tentang sholat… tapi, takutnya nanti kpanjangan… hehe.
Semoga Kita sekalian selalu bertawadu’ dan khusyu’ dalam mendirikan sholat.. Sehingga selalu terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. (amin..)

Mksh, bagi yang udah baca blog ku, mudah-mudahan bermanfaat..
Klau ada ksalahan yg tdk berkenan pada tulisanku, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya.. Karena manusia tak lepas dari khilaf dan dosa..
Nuun wal Qolami wamaa yasthurun
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatu..


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar